MAKALAH STRATEGI PEMASARAN MEDIA ONLINE
MAKALAH STRATEGI PEMASARAN MEDIA ONLINE
Dosen
Pengampu : Dr. Supawi Pawenang, MM
Disusun
Untuk Memenuhi Ujian Tengah Semester
Disusun
Oleh :
Aurora
Dyah Sekar Ayu Pratisara
201802P004
B2
/ Manajemen
Semester
VI
Program
Studi Manajemen Fakultas Ekonomi
Universitas
Islam Batik Surakarta
2020
KATA PENGANTAR
Dengan Meningkatkan puji syukur kepada Allah
SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq, hidayah, serta inayah-Nya,
sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas
mata kuliah Ekonometrika tentang “Strategi Pemasaran Media Online”.
Penulis menyadari
banyaknya kelemahan dalam penulisan makalah ini. Untuk itu, penulis
mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak yang bersifat membangun demi
kesempurnaan makalah ini. penulis selalu berharap semoga makalah ini dapat
bermanfaat dan semoga segala usaha di Ridhoi Allah SWT. Amin.
Surakarta,
22 April 2020 Penyusun,
BAB I
LATAR BELAKANG
Pemasaran
On-line
merupakan proses transaksi jual beli seperti halnya transaksi
biasanya, hanya bedanya pemasaran on-line
dilakukan secara on-line melalui sistem komputer on-line
interaktif yang menghubungkan pelanggan dengan penjual secara
elektronik, pemasaran online ini bertujuan
untuk menjual jasa atau barang secara online. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, pemasaran
on-line memanfaatkan media internet untuk menjual produk atau jasa, bisnis
online lewat internet sangat mudah dilakukan dan mempunyai banyak pilihan
yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk barang ataupun jasa yang di
kelola. Ada beberapa cara pemasaran produk barang secara on-line. Beberapa
tempat yang bisa dipakai buat promosi sekaligus berjualan on-line
antara lain: Mesin pencari (dengan metode SEO).
Social
media, seperti Facebook, Twitter (dengan metode SMO). Marketplace, seperti
Toko Bagus.com,Tokopedia.com. Membuat website bisnis, seperti web company
profile, atau web toko on-line. Mobile app, bisa menggunakan jenis
aplikasi iOS, ataupun aplikasi Android.
Keuntungan dalam
menjalankan sebuah bisnis online, tentunya tidak semulus apa yang sudah kita
bayangkan. Ada beberapa hambatan yang akan menjadi sebuah kendala pada saat
menjalani usaha bisnis online. Hal inilah yang menjadi faktor penyebab banyak
orang yang mengalami gulung tikar. Berikut kendala dalam menjalani
pemasaran secara online. Antara lain: Pertama, banyaknya kasus penipuan di
dunia maya, tentunya akan membuat kepercayaan konsumen dalam bisnis online
menjadi sangatlah kurang. Kedua, persaingan akan bisnis on-line di internet
sudah sangatlah tinggi dan semakin ketat dan kemajuan akan teknologi saat ini,
membuat semakin banyak orang memasarkan akan produk bisnisnya melalui media
online internet. Ketiga, kendala akan terbatasnya koneksi akan internet.
Dalam
berbisnis yang populer pada saat ini, pemasaran on-line
memiliki beberapa keunggulan. Pertama, biaya yang lebih murah artinya dengan
pemasaran online kita tidak perlu membangun atau menyewa kios di tepi jalan.
Keunggulan yang kedua yaitu tidak terikat oleh waktu dan tempat. Artinya, dalam
pemasaran on-line
kita dapat memasarkan produk kapan dan dimana saja yang dapat mencakup di
seluruh dunia. Keunggulan yang ketiga yaitu dalam bisnis on-line
kita bisa menjadi manager dan pemiliknya sendiri. Karena dalam bisnis on-line
tidak terikat oleh siapapun, kita tidak perlu “Bos” yang mengatur jadwal
pekerjaan dan dalam menjalankan bisnis. Tetapi, disini kita yang mengatur
jadwal dan menentukan strategi pemasaran agar memperoleh target pendapatan yang
maksimal. Keunggulan terakhir yaitu, menghemat waktu dan uang. Artinya, dalam
melalui situs pemasaran online yang kita buat, kita dapat mengirimkan daftar
produk sehingga dapat dilihat oleh para pelanggan.
Ketika
kita terjun total di bisnis online, atau mulai meng-online-kan bisnis kita ada
beberapa resiko yang mungkin kita hadapi, berikut diantaranya : Pertama yang
mungkin dialami adalah produk atau jasa tidak laku. Ini adalah resiko paling
buruk yang mungkin terjadi pada para pebisnis on-line. Ada banyak
penyebab, produk tidak laku di Internet di antaranya sebagai berikut: Pertama, masih
dalam proses dan Anda tidak sabar menunggunya. Kedua, website atau toko on-line
Anda tidak dikenal seperti Google dan mesin pencari
lainnya. Ketiga,
website Anda dikenal tapi menduduki peringkat paling
rendah. Keempat,
website dan promosi Anda kurang
jelas mau menjual apa. Kelima, tidak ada trust (Kepercayaan) dari calon konsumen. Keenam, harga terlalu mahal. Ketujuh, calon konsumen tidak tahu apa keuntungan membeli produk
atau jasa dari
Anda. Selanjutnya, resiko penipuan dalam
dunia maya. Beberapa penyebabnya adalah, tidak bertemunya pembeli dan penjual,
dan juga kelemahan internet user pada pengetahuannya saat menggunakan internet
(lemot).
Banyaknya
kasus penipuan di dunia maya, sedikit banyak mulai mempengaruhi tingkat
kepercayaan para pelanggan. Bahkan tak jarang calon pembeli yang memutuskan
untuk melakukan transaksi pembelian dari toko online diselimuti rasa
takut dan ragu akan benar tidaknya situs toko online yang
mereka kunjungi. Adanya ketakutan dan kurang percayaan dari para pelanggan
seperti ini tentunya bisa diatasi dengan beberapa cara, berikut
tips menjaga kepercayaan konsumen di ranah on-line. Pertama
Sediakan informasi yang dibutuhkan konsumen. Lain halnya dengan
toko konvensional, di toko online para konsumen tidak bisa mencoba produk yang
akan mereka beli. Karena itu, sebaiknya seorang pembisnis
on-line
menuliskan informasi produk secara rinci, mulai dari bahannya, ukurannya,
warnanya, hingga model dari produk tersebut. Informasi yang lengkap mengenai
sebuah produk bisa membantu calon pelanggan untuk memutuskan, apakah ia mau
membeli produk itu atau tidak. Yang paling penting, jika informasi pada
deskripsi produk itu sesuai dengan kondisi barang yang sebenarnya, pembeli akan
memberikan kepercayaan besar pada bisnis online Anda. Selanjutnya menerima
pengembalian barang yang rusak.
Dalam
melayani transaksi jual beli on-line, informasikan pula mengenai syarat dan
cara pengembalian barang yang mengalami kerusakan ketika diterima para
konsumen. Misalnya, saja seperti pengembalian produk jika
produk tersebut mengalami kerusakan, pesanan produk ada yang kurang, atau
ukurannya tidak sesuai dengan permintaan konsumen. Terakhir, permudah
konsumen agar bisa menghubungi pengelola toko on-line, kepercayaan
konsumen juga bisa terjaga ketika mereka mengetahui bagaimana cara menghubungi
penjual saat mereka mendapati kesulitan dalam bertransaksi. Oleh karena itu,
sediakan informasi secara rinci dan akurat mengenai contact
person Anda yang dapat dihubungi konsumen setiap saat.
Yang akan menjadi
sasaran pemasaran on-line adalah konsumen on-line. Secara keseluruhan, populasi
Internet adalah lebih muda, lebih makmur,lebih berpendidikan dan lebih banyak
pria dibandingkan populasi keseluruhan. Namun, ketika lebih banyak orang
beralih ke Internet, populasi cyberspace menjadi lebih banyak orang yang
menggunakan dan terbedakan. Para pengguna yang lebih muda lebih cenderung
menggunakan internet untuk hiburan dan sosialisasi. Namun, 45 persen dari
pemakai berusia 40 tahun ke atas dan menggunakan Internet untuk Investasi dan
masalah-masalah yang lebih serius. Pengguna Internet pada umumnya memberikan
nilai yang lebih besar pada informasi dan cenderung menanggapi pesan-pesan yang
diarahkan hanya pada penjualan secara negatif. Mereka menentukan jenis
informasi pemasaran yang ingin mereka terima tentang jenis produk dan jasa
serta dalam jenis kondisi tertentu.
Pada pemasaran
on-line, konsumen, bukan pemasar,, yang memberikan izin dan mengontrol
interaksi itu. “ Mesin pencari” (search engines) Internet, seperti Yahoo!,
Infoseek, dan Exsite, memberikan kepada para konsumen akses ke berbagai sumber
informasi, yang membuat mereka menjadi pembelanja lebih terinformasi dan lebih
mutu. Para pembeli telah mendapatkan kemampuan berikut dalam rezim yang kaya
dengan informasi baru. Pertama, mereka dapat memperoleh informasi yang obyektif
mengenai lini berbagai merek, yang meliputi biaya, harga, keistimewaan, dan
mutu, tanpa mengandalkan produsen dan pengecer. Kedua, mereka dapat mulai
meminta iklan dan informasi dari produsen. Ketiga, mereka dapat merancang
tawaran dari produsen yang mereka inginkan. Keempat, mereka dapat menggunakan
agen perangkat lunak untuk mencari dan mengundang tawaran dari berbagai
penjual.
BAB II
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan dari latar belakang diatas penulis mengambil
beberapa poin untuk dijadikan rumusan masalah dalam makalah ini,antara lain:
1. Apakah Pemasaran On-line ?
2. Apa manfaat bagi pembeli dan juga bagi pemasar
dari pemasaran on-line?
3. Apakah pemasaran langsung?
4. Apa saja sisi positif dan juga negatif dari pemasaran
langsung?
5. Saluran apa saja didalam pemasaran langsung?
BAB III
PEMBAHASAN
A.
PEMASARAN ON-LINE
Anggapan yang pertama
: Pemasaran on-line yaitu dilakukan melalui system komputer on-line interaktif,
yang menghubungkan pembeli dan penjual secara elektronik. Yang kedua : Pemasaran
On-line
merupakan proses transaksi jual beli seperti halnya transaksi biasanya,
hanya bedanya pemasaran on-line dilakukan secara on-line
melalui sistem komputer on-line interaktif yang menghubungkan
pelanggan dengan penjual secara elektronik, pemasaran
on-line ini bertujuan untuk menjual jasa atau barang secara
on-line. Seperti
yang sudah kita ketahui bersama, pemasaran on-line memanfaatkan media internet
untuk menjual produk atau jasa, bisnis on-line lewat internet sangat mudah dilakukan dan
mempunyai banyak pilihan yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk barang
ataupun jasa yang di kelola.
B.
MANFAAT APA SAJA BAGI PEMBELI DAN PEMASAR
Manfaat bagi pembeli,
Pertama : Kemudahan : Pertama pelanggan dapat memesan produk 24 jam sehari di
mana pun mereka berada. Mereka tidak harus berkendara, mencari tempat parkir,
dan berjalan melewati gang yang panjang mencari dan memeriksa barang – barang.
Kedua : Para pelanggan dapat memperoleh setumpuk informasi komparatif tentang
perusahaan, produk, dan pesaing tanpa meninggalkan kantor atau rumah mereka.
Ketiga : Rongrongan yang lebih sedikit: Para pelanggan tidak perlu menghadapi
atau melayani bujukan dan faktor – faktor emosional; mereka juga tidak perlu
menunggu dalam antrian.
Bagi pemasar, Pertama:
menyesuaikan yang cepat terhadap kondisi pasar: Perusahaan – perusahaan dapat
dengan cepat menambahkan produk pada tawaran mereka serta mengubah harga dan
deskripsi atau produk. Kedua : Biaya yang lebih rendah: Para pemasar on-line
dapat menghindari biaya pengelolaan toko dan dari biaya sewa, asuransi, serta
prasarana yang menyertainya. Mereka dapat membuat katalog digital dengan biaya
yang jauh lebih rendah daripada biaya percetakan dan pengirim katalog kertas.
Ketiga : Pemupukan hubungan: Pemasar on-line dapat berbicara dengan pelanggan
dan belajar lebih banyak dari mereka. Pemasar juga dapat men – download laporan
yang berguna, atau demo gratis perangkat lunak mereka, atau contoh gratis surat
berkala mereka ke dalam sistem. Keempat : Pengukuran besar pemirsa: Para
pemasar dapat mengetahui berapa banyak orang yang mengunjungi situs on-line
mereka dan berapa banyak yang singgah di tempat tertentu dalam situs tersebut.
Informasi itu dapat menmbantu para pemasar untuk meningkatkan tawaran dan
iklan mereka.
Contoh
Pemasaran Media Online
Contoh
yang saya ambil dari pemasaran media ini adalah sebuah bisnis online dari
seorang penulis novel bernama Ollie didalam novelnya yang berjudul “Alphawife”
yang belum lama saya baca yaitu www.kutukutubuku.com.
Setelah saya buka alamat tersebut persis seperti dugaan saya bahwa bisnis
online tersebut merupakan bisnis penjualan buku, novel, dan komik yang
menggunakan pemasaran media online.
Berawal
dari hoby baca buku dan merealisasikannya dengan membuat website kutukutubuku.com dengan
tujuan untuk berbagi keajaiban sebuah buku dengan lebih banyak orang dengan
janji pelayanan yang cepat serta pengiriman tanpa keringat, kami berharap tidak
akan membuat pelanggan menunggu lebih lama untuk membaca buku murah namun berkualitas.
Cara belanja di toko
buku online kutukutubuku.com ini adalah dengan cara :
1. Daftar Jadi
Anggota Kutukutubuku.com (bagi yang belum daftar saja)
2. Login
Anggota di sebelah kanan atas homepage
3. Cari
Buku berdasarkan judul atau pengarang di kolom search maupun lewat
kategori genre buku
4. Untuk
membeli, klik tombol BUY
5. Di
halaman Shopping Cart, konsumen dapat mengedit jumlah buku yang hendak dibeli
atau mengeluarkan buku dari shopping cart dengan klik tulisan take out
6. Untuk
lanjut berbelanja, klik tombol CONTINUE SHOPPING
7. Klik
tombol CHECKOUT jika sudah selesai berbelanja.
8. Isi
formulir data alamat pengiriman, pilih Cara Pembayaran, Gift Wrap Setting, dll.
Klik PROCEED jika sudah selesai.
9. Di
halaman Order Confirmation, cek ulang order, pastikan, jenis/jumlah buku,
ongkos kirim & alamat pengiriman sudah benar. Klik PROCEED lagi.
10. Selamat!
Anda baru saja memesan buku dari kutukutubuku.com Order Receipt akan
segera masuk ke email Anda. Silahkan Cek email segera.
11. Jika
telah selesai membaca dan memastikan pesanan Anda sesuai dengan Order Receipt
yang diterima pada email Anda dan Anda telah melakukan pembayaran melalui
transfer Bank BCA atau Mandiri, silahkan masukan data transfer pada form CONFIRM
PAYMENT. (bagi yang memilih melakukan pembayaran via transfer Bank
Berikut
adalah cara untuk daftar menjadi anggota kutukutubuku.com :
1. Masuk
ke halaman Pendaftaran Anggota Baru
2. Isi
formulir pendaftaran dengan jelas & lengkap untuk menjamin pengiriman
barang yang Anda pesan sampai di tangan Anda.
3. Klik SUBMIT
4. Check
email Anda. Akan masuk email aktivasi ke inbox Anda. Klik pada link di email
tersebut untuk mengaktifkan akun Anda.
5. Anda
sudah menjadi member Kutukutubuku.com
Untuk sistem
pembayaran dan ongkos kirim :
Pembayaran adalah
melalui :
1. Transfer
Bank BCA atau MANDIRI
2.Western Union
3. Moneygram
Setelah selesai
melakukan pembayaran, lakukan konfirmasi pembayaran segera.
Important Note:
-
Jika belum membayar
lunas pesanan, maka paket tidak akan dikirim.
-
Jika memilih
untuk membayar dengan transfer Bank, silahkan perhatikan kembali Order Receipt
yang diterima di email Anda sebelum melakukan pembayaran, kemudian setelah
melakukan transfer via Bank BCA atau Mandiri segera isi data transfer pada
form CONFIRM PAYMENT.
Ongkos Kirim
1. Ongkos
kirim untuk wilayah Jakarta : Rp. 6.000 ,- (flat delivery)
2. Untuk ongkos kirim diluar wilayah Jakarta
akan disesuaikan dengan tarif yang berlaku pada TIKI JNE. Cek pada website jasa
pengiriman ynag kami pakai untuk lebih lengkapnyaTIKI JNE.
BAB III
KESIMPULAN
Di zaman yang sudah sangat berkembang ini pemasaran tidak hanya dilakukan
dengan memasang iklan di televisi, radio maupun media cetak, pemasaran juga
dilakukan dengan menggunakan new media (internet) seiring dengan semakin
canggihnya teknologi. Pemasaran online adalah pemasaran yang dilakukan melalui
sistem komputer online interaktif, yang menghubungkan pembeli dan penjual
secara elektronik dengan cara melaui website, blog atau media sosial seperti
facebook dan twitter. Selain itu dampak positif dan negatif pemasaran media
online harus di perhatikan agar pemasaran online yang telah disusn berjalan
dengan lancar dan berhasil.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.marketing.co.id
http://bisnisabdoels.blogspot.com
KRS dan Kartu UTS
ituDewa.com Poker Domino QQ | Ceme Judi Domino QQ | Agen Domino QQ | Domino QQ Online | Agen Poker | Judi Poker | Poker Online | Agen OMAHA | Agen SuperTen
BalasHapusAgen Judi Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia
Menyediakan berbagai macam permainan Judi Kartu Online Terlengkap
1 ID untuk 7 Game Permainan yang disediakan oleh Situs ituDewa
* DominoQQ
* Poker
* Bandar Ceme
* Capsa Susun
* Super 10
* Ceme Keliling
* Omaha Poker
=> Bonus Gebyar Hadiah Bulanan ituDewa
=> Bonus Cashback 0.3% (dibagikan setiap hari kamis)
=> Bonus Refferal 20% (dibagikan setiap Minggunya seumur hidup)
=> Bonus FreeChip Upline Referral 100K(Setiap Ajak Teman Bermain)
=> Customer Service 24 Jam Nonstop
=> Support 7 Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon, Cimb Niaga, Permata Bank)
=> Menerima Deposit VIA PULSA (Pulsa Telkomsel dan Pulsa XL)
=> Menerima Deposit VIA E-Money (OVO dan GOPAY)
* Pusat Bantuan ituDewa
LINE : ituDewa
WECHAT : OfficialituDewa
WHATSAPP : +85561809401
Kunjungi Juga Bimbingan Kemenangan Main Judi Online :
* INFORMASI JITU TENTANG AGEN JUDI ONLINE TERPECAYA
* Portal Berita Update dan Terpercaya