MAKALAH STRATEGI PEMASARAN MEDIA ONLINE


MAKALAH STRATEGI PEMASARAN MEDIA ONLINE
Dosen Pengampu : Dr. Supawi Pawenang, MM

Download Logo UNIBA Universitas Islam Batik Surakarta Format CDR ...

Disusun Untuk Memenuhi Ujian Tengah Semester


Disusun Oleh :
Aurora Dyah Sekar Ayu Pratisara
201802P004
B2 / Manajemen
Semester VI



Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi
Universitas Islam Batik Surakarta
2020

KATA PENGANTAR

Dengan Meningkatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq, hidayah, serta inayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas mata kuliah Ekonometrika tentang “Strategi Pemasaran Media Online”.
Penulis  menyadari banyaknya kelemahan dalam penulisan makalah ini. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini. penulis selalu berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat dan semoga segala usaha di Ridhoi Allah SWT. Amin.

                                                                          

Surakarta, 22 April 2020                                                                                              Penyusun,



BAB I
LATAR BELAKANG


Pemasaran On-line merupakan proses transaksi jual beli seperti halnya transaksi  biasanya, hanya bedanya pemasaran on-line dilakukan secara on-line melalui sistem komputer on-line interaktif yang  menghubungkan pelanggan dengan penjual secara elektronik, pemasaran online ini bertujuan untuk menjual jasa atau barang secara online. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, pemasaran on-line memanfaatkan media internet untuk menjual produk atau jasa, bisnis online lewat internet sangat  mudah dilakukan dan mempunyai banyak pilihan yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk barang ataupun jasa yang di kelola. Ada beberapa cara pemasaran produk barang secara on-line. Beberapa tempat yang bisa dipakai buat promosi sekaligus berjualan on-line antara lain: Mesin pencari (dengan metode SEO).
Social media, seperti Facebook, Twitter (dengan metode SMO). Marketplace, seperti Toko Bagus.com,Tokopedia.com. Membuat website bisnis, seperti web company profile, atau web toko on-line. Mobile app, bisa menggunakan jenis aplikasi iOS, ataupun aplikasi Android.
Keuntungan dalam menjalankan sebuah bisnis online, tentunya tidak semulus apa yang sudah kita bayangkan. Ada beberapa hambatan yang akan menjadi sebuah kendala pada saat menjalani usaha bisnis online. Hal inilah yang menjadi faktor penyebab banyak orang yang mengalami gulung tikar. Berikut  kendala dalam menjalani pemasaran secara online. Antara lain: Pertama, banyaknya kasus penipuan di dunia maya, tentunya akan membuat kepercayaan konsumen dalam bisnis online menjadi sangatlah kurang. Kedua, persaingan akan bisnis on-line di internet sudah sangatlah tinggi dan semakin ketat dan kemajuan akan teknologi saat ini, membuat semakin banyak orang memasarkan akan produk bisnisnya melalui media online internet. Ketiga, kendala akan terbatasnya koneksi akan internet.
Dalam berbisnis yang populer pada saat ini, pemasaran on-line memiliki beberapa keunggulan. Pertama, biaya yang lebih murah artinya dengan pemasaran online kita tidak perlu membangun atau menyewa kios di tepi jalan. Keunggulan yang kedua yaitu tidak terikat oleh waktu dan tempat. Artinya, dalam pemasaran on-line kita dapat memasarkan produk kapan dan dimana saja yang dapat mencakup di seluruh dunia. Keunggulan yang ketiga yaitu dalam bisnis on-line kita bisa menjadi manager dan pemiliknya sendiri. Karena dalam bisnis on-line tidak terikat oleh siapapun, kita tidak perlu “Bos” yang mengatur jadwal pekerjaan dan dalam menjalankan bisnis. Tetapi, disini kita yang mengatur jadwal dan menentukan strategi pemasaran agar memperoleh target pendapatan yang maksimal. Keunggulan terakhir yaitu, menghemat waktu dan uang. Artinya, dalam melalui situs pemasaran online yang kita buat, kita dapat mengirimkan daftar produk sehingga dapat dilihat oleh para pelanggan.
Ketika kita terjun total di bisnis online, atau mulai meng-online-kan bisnis kita ada beberapa resiko yang mungkin kita hadapi, berikut diantaranya : Pertama yang mungkin dialami adalah produk atau jasa tidak laku. Ini adalah resiko paling buruk yang mungkin terjadi pada para pebisnis on-line. Ada banyak penyebab, produk tidak laku di Internet di antaranya sebagai berikut: Pertama, masih dalam proses dan Anda tidak sabar menunggunya. Kedua, website atau toko on-line Anda tidak dikenal seperti Google dan mesin pencari lainnya. Ketiga, website Anda dikenal tapi menduduki peringkat paling rendah. Keempat, website dan promosi Anda kurang jelas mau menjual apa. Kelima, tidak ada trust (Kepercayaan) dari calon konsumen. Keenam, harga terlalu mahal. Ketujuh, calon konsumen tidak tahu apa keuntungan membeli produk atau jasa dari Anda. Selanjutnya, resiko penipuan dalam dunia maya. Beberapa penyebabnya adalah, tidak bertemunya pembeli dan penjual, dan juga kelemahan internet user pada pengetahuannya saat menggunakan internet (lemot).
Banyaknya kasus penipuan di dunia maya, sedikit banyak mulai mempengaruhi tingkat kepercayaan para pelanggan. Bahkan tak jarang calon pembeli yang memutuskan untuk melakukan transaksi pembelian dari toko online diselimuti rasa takut dan ragu akan benar tidaknya situs toko online yang mereka kunjungi. Adanya ketakutan dan kurang percayaan dari para pelanggan seperti ini tentunya bisa diatasi dengan beberapa caraberikut tips menjaga kepercayaan konsumen di ranah on-line.  Pertama Sediakan informasi yang dibutuhkan konsumen. Lain halnya dengan toko konvensional, di toko online para konsumen tidak bisa mencoba produk yang akan mereka beli. Karena itu, sebaiknya seorang pembisnis on-line menuliskan informasi produk secara rinci, mulai dari bahannya, ukurannya, warnanya, hingga model dari produk tersebut. Informasi yang lengkap mengenai sebuah produk bisa membantu calon pelanggan untuk memutuskan, apakah ia mau membeli produk itu atau tidak. Yang paling penting, jika informasi pada deskripsi produk itu sesuai dengan kondisi barang yang sebenarnya, pembeli akan memberikan kepercayaan besar pada bisnis online Anda. Selanjutnya menerima pengembalian barang yang rusak. 
Dalam melayani transaksi jual beli on-line, informasikan pula mengenai syarat dan cara pengembalian barang yang mengalami kerusakan ketika diterima para konsumen. Misalnyasaja seperti pengembalian produk jika produk tersebut mengalami kerusakan, pesanan produk ada yang kurang, atau ukurannya tidak sesuai dengan permintaan konsumen. Terakhir,  permudah konsumen agar bisa menghubungi pengelola toko on-line, kepercayaan konsumen juga bisa terjaga ketika mereka mengetahui bagaimana cara menghubungi penjual saat mereka mendapati kesulitan dalam bertransaksi. Oleh karena itu, sediakan informasi secara rinci dan akurat mengenai contact person Anda yang dapat dihubungi konsumen setiap saat.
Yang akan menjadi sasaran pemasaran on-line adalah konsumen on-line. Secara keseluruhan, populasi Internet adalah lebih muda, lebih makmur,lebih berpendidikan dan lebih banyak pria dibandingkan populasi keseluruhan. Namun, ketika lebih banyak orang beralih ke Internet, populasi cyberspace menjadi lebih banyak orang yang menggunakan dan terbedakan. Para pengguna yang lebih muda lebih cenderung menggunakan internet untuk hiburan dan sosialisasi. Namun, 45 persen dari pemakai berusia 40 tahun ke atas dan menggunakan Internet untuk Investasi dan masalah-masalah yang lebih serius. Pengguna Internet pada umumnya memberikan nilai yang lebih besar pada informasi dan cenderung menanggapi pesan-pesan yang diarahkan hanya pada penjualan secara negatif. Mereka menentukan jenis informasi pemasaran yang ingin mereka terima tentang jenis produk dan jasa serta dalam jenis kondisi tertentu.
 Pada pemasaran on-line, konsumen, bukan pemasar,, yang memberikan izin dan mengontrol interaksi itu. “ Mesin pencari” (search engines) Internet, seperti Yahoo!, Infoseek, dan Exsite, memberikan kepada para konsumen akses ke berbagai sumber informasi, yang membuat mereka menjadi pembelanja lebih terinformasi dan lebih mutu. Para pembeli telah mendapatkan kemampuan berikut dalam rezim yang kaya dengan informasi baru. Pertama, mereka dapat memperoleh informasi yang obyektif mengenai lini berbagai merek, yang meliputi biaya, harga, keistimewaan, dan mutu, tanpa mengandalkan produsen dan pengecer. Kedua, mereka dapat mulai meminta iklan dan informasi dari produsen. Ketiga, mereka dapat merancang tawaran dari produsen yang mereka inginkan. Keempat, mereka dapat menggunakan agen perangkat lunak untuk mencari dan mengundang tawaran dari berbagai penjual.



BAB II
RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan dari latar belakang diatas penulis  mengambil beberapa poin untuk dijadikan rumusan masalah dalam makalah ini,antara lain:
1. Apakah Pemasaran On-line ?
2. Apa manfaat bagi pembeli dan juga bagi pemasar dari pemasaran on-line?
3. Apakah pemasaran langsung?
4. Apa saja sisi positif dan juga negatif dari pemasaran langsung?
5. Saluran apa saja didalam pemasaran langsung?


BAB III
PEMBAHASAN


A.    PEMASARAN ON-LINE
Anggapan yang pertama : Pemasaran on-line yaitu dilakukan melalui system komputer on-line interaktif, yang menghubungkan pembeli dan penjual secara elektronik. Yang kedua : Pemasaran On-line merupakan proses transaksi jual beli seperti halnya transaksi  biasanya, hanya bedanya pemasaran on-line dilakukan secara on-line melalui sistem komputer on-line interaktif yang  menghubungkan pelanggan dengan penjual secara elektronik, pemasaran on-line ini bertujuan untuk menjual jasa atau barang secara on-line. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, pemasaran on-line memanfaatkan media internet untuk menjual produk atau jasa, bisnis on-line lewat internet sangat  mudah dilakukan dan mempunyai banyak pilihan yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk barang ataupun jasa yang di kelola.
B.     MANFAAT APA SAJA BAGI PEMBELI DAN PEMASAR
Manfaat bagi pembeli, Pertama : Kemudahan : Pertama pelanggan dapat memesan produk 24 jam sehari di mana pun mereka berada. Mereka tidak harus berkendara, mencari tempat parkir, dan berjalan melewati gang yang panjang mencari dan memeriksa barang – barang. Kedua : Para pelanggan dapat memperoleh setumpuk informasi komparatif tentang perusahaan, produk, dan pesaing tanpa meninggalkan kantor atau rumah mereka. Ketiga : Rongrongan yang lebih sedikit: Para pelanggan tidak perlu menghadapi atau melayani bujukan dan faktor – faktor emosional; mereka juga tidak perlu menunggu dalam antrian.
Bagi pemasar, Pertama: menyesuaikan yang cepat terhadap kondisi pasar: Perusahaan – perusahaan dapat dengan cepat menambahkan produk pada tawaran mereka serta mengubah harga dan deskripsi atau produk. Kedua : Biaya yang lebih rendah: Para pemasar on-line dapat menghindari biaya pengelolaan toko dan dari biaya sewa, asuransi, serta prasarana yang menyertainya. Mereka dapat membuat katalog digital dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada biaya percetakan dan pengirim katalog kertas. Ketiga : Pemupukan hubungan: Pemasar on-line dapat berbicara dengan pelanggan dan belajar lebih banyak dari mereka. Pemasar juga dapat men – download laporan yang berguna, atau demo gratis perangkat lunak mereka, atau contoh gratis surat berkala mereka ke dalam sistem. Keempat : Pengukuran besar  pemirsa: Para pemasar dapat mengetahui berapa banyak orang yang mengunjungi situs on-line mereka dan berapa banyak yang singgah di tempat tertentu dalam situs tersebut. Informasi  itu dapat menmbantu para pemasar untuk meningkatkan tawaran dan iklan mereka.
    Contoh Pemasaran Media Online
Contoh yang saya ambil dari pemasaran media ini adalah sebuah bisnis online dari seorang penulis novel bernama Ollie didalam novelnya yang berjudul “Alphawife” yang belum lama saya baca yaitu www.kutukutubuku.com. Setelah saya buka alamat tersebut persis seperti dugaan saya bahwa bisnis online tersebut merupakan bisnis penjualan buku, novel, dan komik yang menggunakan pemasaran media online.
Berawal dari hoby baca buku dan merealisasikannya dengan membuat website kutukutubuku.com dengan tujuan untuk berbagi keajaiban sebuah buku dengan lebih banyak orang dengan janji pelayanan yang cepat serta pengiriman tanpa keringat, kami berharap tidak akan membuat pelanggan menunggu lebih lama untuk membaca buku murah namun berkualitas.
Cara belanja di toko buku online kutukutubuku.com ini adalah dengan cara :
1.     Daftar Jadi Anggota Kutukutubuku.com (bagi yang belum daftar saja)
2.      Login Anggota di sebelah kanan atas homepage
3.      Cari Buku berdasarkan judul atau pengarang di kolom search maupun lewat kategori genre buku
4.      Untuk membeli, klik tombol BUY
5.      Di halaman Shopping Cart, konsumen dapat mengedit jumlah buku yang hendak dibeli atau mengeluarkan buku dari shopping cart dengan klik tulisan take out
6.      Untuk lanjut berbelanja, klik tombol CONTINUE SHOPPING
7.      Klik tombol CHECKOUT jika sudah selesai berbelanja.
8.      Isi formulir data alamat pengiriman, pilih Cara Pembayaran, Gift Wrap Setting, dll. Klik PROCEED jika sudah selesai.
9.      Di halaman Order Confirmation, cek ulang order, pastikan, jenis/jumlah buku, ongkos kirim & alamat pengiriman sudah benar. Klik PROCEED lagi.
10.  Selamat! Anda baru saja memesan buku dari kutukutubuku.com Order Receipt akan segera masuk ke email Anda. Silahkan Cek email  segera.
11.  Jika telah selesai membaca dan memastikan pesanan Anda sesuai dengan Order Receipt yang diterima pada email Anda dan Anda telah melakukan pembayaran melalui transfer Bank BCA atau Mandiri, silahkan masukan data transfer pada form CONFIRM PAYMENT. (bagi yang memilih melakukan pembayaran via transfer Bank
Berikut adalah cara untuk daftar menjadi anggota kutukutubuku.com :
1.      Masuk ke halaman Pendaftaran Anggota Baru
2.      Isi formulir pendaftaran dengan jelas & lengkap untuk menjamin pengiriman barang yang Anda pesan sampai di tangan Anda.
3.      Klik SUBMIT
4.      Check email Anda. Akan masuk email aktivasi ke inbox Anda. Klik pada link di email tersebut untuk mengaktifkan akun Anda.
5.      Anda sudah menjadi member Kutukutubuku.com 
Untuk sistem pembayaran dan ongkos kirim :
Pembayaran adalah melalui :
1.  Transfer Bank BCA atau MANDIRI
2.Western Union
3. Moneygram


Setelah selesai melakukan pembayaran, lakukan konfirmasi pembayaran segera.
Important Note:
-          Jika belum membayar lunas pesanan, maka paket tidak akan dikirim.
-           Jika memilih untuk membayar dengan transfer Bank, silahkan perhatikan kembali Order Receipt yang diterima di email Anda sebelum melakukan pembayaran, kemudian setelah melakukan transfer via Bank BCA atau Mandiri segera isi data transfer pada form CONFIRM PAYMENT. 
Ongkos Kirim
1.   Ongkos kirim untuk wilayah Jakarta : Rp. 6.000 ,-  (flat delivery)
2.  Untuk ongkos kirim diluar wilayah Jakarta akan disesuaikan dengan tarif yang berlaku pada TIKI JNE. Cek pada website jasa pengiriman ynag kami pakai untuk lebih lengkapnyaTIKI JNE.

BAB III
KESIMPULAN

            Di zaman yang sudah sangat berkembang ini pemasaran tidak hanya dilakukan dengan memasang iklan di televisi, radio maupun media cetak, pemasaran juga dilakukan dengan menggunakan new media (internet) seiring dengan semakin canggihnya teknologi. Pemasaran online adalah pemasaran yang dilakukan melalui sistem komputer online interaktif, yang menghubungkan pembeli dan penjual secara elektronik dengan cara melaui website, blog atau media sosial seperti facebook dan twitter. Selain itu dampak positif dan negatif pemasaran media online harus di perhatikan agar pemasaran online yang telah disusn berjalan dengan lancar dan berhasil.




DAFTAR PUSTAKA

http://www.marketing.co.id
http://bisnisabdoels.blogspot.com




















KRS dan Kartu UTS











Komentar

  1. ituDewa.com Poker Domino QQ | Ceme Judi Domino QQ | Agen Domino QQ | Domino QQ Online | Agen Poker | Judi Poker | Poker Online | Agen OMAHA | Agen SuperTen

    Agen Judi Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia
    Menyediakan berbagai macam permainan Judi Kartu Online Terlengkap

    1 ID untuk 7 Game Permainan yang disediakan oleh Situs ituDewa

    * DominoQQ
    * Poker
    * Bandar Ceme
    * Capsa Susun
    * Super 10
    * Ceme Keliling
    * Omaha Poker

    => Bonus Gebyar Hadiah Bulanan ituDewa
    => Bonus Cashback 0.3% (dibagikan setiap hari kamis)
    => Bonus Refferal 20% (dibagikan setiap Minggunya seumur hidup)
    => Bonus FreeChip Upline Referral 100K(Setiap Ajak Teman Bermain)
    => Customer Service 24 Jam Nonstop
    => Support 7 Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon, Cimb Niaga, Permata Bank)
    => Menerima Deposit VIA PULSA (Pulsa Telkomsel dan Pulsa XL)
    => Menerima Deposit VIA E-Money (OVO dan GOPAY)

    * Pusat Bantuan ituDewa

    LINE : ituDewa
    WECHAT : OfficialituDewa
    WHATSAPP : +85561809401

    Kunjungi Juga Bimbingan Kemenangan Main Judi Online :
    * INFORMASI JITU TENTANG AGEN JUDI ONLINE TERPECAYA
    * Portal Berita Update dan Terpercaya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

EKONOMI MANAJERIAL BAB 5

EKONOMI MANAJERIAL BAB 1

EKONOMI MANAJERIAL BAB 3