TUGAS UAS EKONOMI MANAJERIAL ARTIKEL ILMIAH PENERAPAN STUDI KASUS MANAJERIAL PERUSAHAAN JNE SEBAGAI MEDIA JASA PENGIRIMAN BARANG DI INDONESIA
Nama : Aurora Dyah Sekar Ayu P
NIM : 201802P004
Kelas/Smt : Manajemen B2 / V
NIM : 201802P004
Kelas/Smt : Manajemen B2 / V
LATAR BELAKANG
1. PENGERTIAN DAN KONSEP
EKONOMI MANAJERIAL
Menurut Ket (2000) “Ilmu manajemen dapat diartikan sebagai
ilmu dan seni tentang bagaimana mengorganisasikan dan mengalokasikan sumber
daya perusahaan yang terbatas untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Dengan demikian ekonomi manajerial adalah aplikasi dari analisis ekonomi
dalam membuat keputusan bisnis agar sumber daya perusahaan yang terbatas
dialokasikan pada penggunaannya yang paling baik”
Secara konsep ekonomi manajerial adalah
pengelolaan ekonomi, atau usaha secara sistematika dalam kebutuhan dan
keinginan (konsumen), baik individu, organisasi, maupun masyarakat. Dengan
demikian, ekonomi manajerial dapat di definisikan sebagai berikut :
Ekonomi manajerial adalah aplikasi teori
ekonomi dan praktik-praktik bisnis, berupa penggunaan teori-teori ekonomi dan
teknik manajemen dalam analisis dan pemecahan masalah optimasi. Atau ekonomi
manajerial adalah sinergi dan aplikasi teori ekonomi, manajemen, dan riset
operasi.
Sehubungan dengan hal diatas, maka konsep
ekonomi manajerial ini dapat di gunakan untuk menyelesaikan masalah manajemen
yang di hadapi organisasi bisnis maupun nonbisnis.
Peran dan Tujuan Ekonomi Manajerial
1. Mengatur Keuangan
Dengan
ekonomi manajerial dapat digunakan untuk mengatur sistem keuangan yang baik.
Ekonomi
manajerial penting untuk mengidentifikasi biaya mana yang penting dan biaya
mana yang tidak perlu. Ini bertujuan untuk menghindari defisit perusahaan.
2. Sebagai Alat Evaluasi
Ekonomi manajerial dapat digunakan sebagai alat evaluasi jika ada
perubahan manajer baru. Jadi manajer baru dapat mempelajari apa yang kurang dan
apa yang dapat dilanjutkan dari strategi ekonomi manajerial yang dilakukan oleh
manajer lama. Tentu saja era baru akan menghadirkan pasar baru yang lebih kompetitif
di dunia bisnis. Jadi perlu ada evaluasi kebijakan lama.
3. Membantu Manajer Menyelesaikan Masalah
Ekonomi manajerial sangat membantu sebagai analis dalam membuat
keputusan yang dibuat oleh manajer. Seperti yang kita ketahui, kemajuan ekonomi
membuat kemajuan dalam kondisi pasar yang berubah sehingga reformasi kebijakan
diperlukan sebagai upaya untuk mengembangkan perusahaan atau bisnis yang lebih
efektif.
4. Mengetahui Lingkungan Industri, Perusahaan
dan Ekonomi
Ekonomi manajerial juga berperan dalam analisis lingkungan
industri, perusahaan, dan ekonomi. Analisis lingkungan ini perlu dilakukan
untuk menentukan kondisi konsumen, pemasok dan pesaing. Selain itu, perusahaan
juga perlu menganalisis lingkungan tempat produk mereka akan dikeluarkan.
Analisis lingkungan ini sangat diperlukan untuk tahap pengambilan keputusan,
dan dari sini perusahaan akan menghasilkan keputusan tentang cara mendapatkan
keuntungan yang diinginkan.
PERUSAHAAN
JNE
VISI MISI SERTA TARGET
PERUSAHAAN JNE
Visi :
Menjadi Perusahaan
Logistik Utama Kelas Dunia
Misi :
Memberi Pengalaman
Terbaik kepada Pelanggan Secara Konsisten
Artinya : Kita semua baik agen maupun manajemen JNE berusaha untuk
memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten di setiap
tahap. Paling tidak ada 4 tahap pengalaman yang harus dibangun dengan pelanggan
:
1.
Tahap ketika pelanggan
mulai bertanya melalui telpon, SMS, email atau datang langsung ke counter
2.
Tahap ketika pelanggan
mulai akan bertransaksi, mencari counter yang cocok dan
melakukan transaksi produk JNE di counter
3.
Tahap ketika proses
operasional kiriman dilaksanakan
4.
Tahap ketika pelanggan
membutuhkan layanan purna jual seperti status kiriman, komplain dll
Analisis perusahaan JNE berkaitan degan Manajerial
Tujuan khusus Perusahaan JNE :
Mengharuskan karyawan bekerja secara Efektif dan Efisien dalam
hal pencatatan setiap transaksi barang, logistic, ketepatan pengiriman
harus sesuai lokasi tujuan serta waktu yang telah di targetkan.
Menempatkan Karyawan sesuai dengan keahlianya
serta mengajarkan karyawan agar selalu ramah terhadap pelanggan karna inti dari
strategi pemasaran adalah kesan baik yang diperoleh pelaggan.
Sarana prasarana untuk mengirim barang-barang harus ready secara
baik agar mampu menerima semua permintaan dari pelanggan.
Setiap tahunya perusahaan JNE memperluas jaringanya, agen-agen
distributor pengiriman barang diperbanyak hingga ke plosok-plosok desa.
Tujuan umum Perusahaan JNE :
Memajukan perusahaan dengan cara memperoleh Laba secara optimal.
Karna laba sebagai sumber pembiayaan,
seperti:
-peningkatan kualitas SDM
-perluasan produk
-perluasan pasar
-pembiayaan lainnya
-peningkatan kualitas SDM
-perluasan produk
-perluasan pasar
-pembiayaan lainnya
laba sebagai ukuran pembayaran pajak
laba sebagai ukuran untuk membagi hasil usaha (deviden)
laba merupakan cerminan kesehatan operasional perusahaan.
laba sebagai sumber pembiayaan kesejahteraan.
laba sebagai sumber pembiayaan kepedulian perusahaan terhadap
masyarakat dan lingkungannya
Pembahasan perusahaan JNE meliputi Marketing Management,
Identifikasi , Penerapan serta Pemeliharaanya
Marketing Management : Perusahaan JNE bertekad
untuk menjadi perusahaan jasa pengiriman barang nomer satu di dunia maka
perusahaan JNE sangat mengedepankan kepentingan serta kepuasan pelanggan yang
menggunakan jasa JNE, karna semangat kepentingan dan kepuasan pelanggan nomer
satulah perusahaan JNE akan terus berkembang serta di terima masyarakat.
Identifikasi :
1) Daya Beli : Perusahaan JNE
sangat memikirkan kemampuan konsumen sehingga dalam hal biaya pengirim barang
tidak mematok tariff/harga yang tinggi semua di sesuaikan dengan jarak tempuh
barang itu sendiri, agar pelanggan dapat kembali menggunakan Jasa JNE karna
anggapan bahwa biaya yang dikeluarkan relative murah.
2) Demand : Mengandung arti
keseluruhan barang/jasa yang ingin dibeli oleh konsumen pada berbagai macam
tingkat harga, Dalam hal ini perusahaan JNE mengambil kebijakan untuk memprluas
agen-agen JNE sehigga pelanggan tidak kesulitan untuk mengirimkan barang-barang
mereka serta diharapkan dengan memperbanyak agen-agen JNE dapat mengurangi
biaya yang di keluarkan para pelanggan.
3) Design/desain : Perusahaan
JNE sangat mengedepankan kepuasan pelanggan dan ketepan pengiriman barang
terkirim tepat waktu serta dalam kondisi yang baik, tidak mengalami kerusakan,
oleh karna itu perusahaan JNE menawarkan Asuransi barang yang dikirim, apabila
barang tersebut rusak saat pengiriman maka perusahaan JNE akan mengganti biaya
kerusakan barang tersebut hingga pelanggan merasa puas akan kinerja agen-agen
JNE.
Penerapan :
1) Delivery : Pengiriman
barang-barang yang dilakuakan perusahaan JNE semua dilakukan dengan
kehatihatian serta ketepatan proses pengiriman.
2) Mixing : Proses
pencampuran, dalam hal ini perusahaan JNE memadukan antara kepuasan pelanggan
dengan tujuan yang ingin dicapai Perusahaan karna jika pelanggan puas dengan
kinerja perusahaan maka otomatis tujuan perusahaan akan tercapai dengan cepat.
3) Appeal : Perusahaan JNE
terus mempromosikan keunggulan-keunggulanya baik melalui media massa maupun
periklanan agar perusahaan JNE lebih dikenal luas oleh masyarakat.
Pemeliharaan :
1) Komunikasi : Perusahaan
JNE terus menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan dan akan sangat
mengharapkan kritikan-kritikan atau masukan dari masyarakat, karna itu semua
demi pembenahan untuk menjadi lebih baik.
2) Brand : Dalam pembuatan
merek/logo Perusahaan JNE telah menciptakan logo yang menarik sehingga mudah di
ingat oleh masyarakat.
3) Value : Alasan
mengapa pelanggan memilih kita dibandingkan yang lain karna Hanya di Perusahaan
JNE’lah yang menawarkan proses pengiriman cepat, biaya murah serta asuransi
terhadap barang yang dikirim, karna bagi kami kepuasan pelanggan nomer satu.
Semua elemen diatas saling berkaitan dan mendukung satu sama lain karna intinya
adalah sama-sama demi kemajuan Perusahaan.
ituDewa.com Poker Domino QQ | Ceme Judi Domino QQ | Agen Domino QQ | Domino QQ Online | Agen Poker | Judi Poker | Poker Online | Agen OMAHA | Agen SuperTen
BalasHapusAgen Judi Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia
Menyediakan berbagai macam permainan Judi Kartu Online Terlengkap
1 ID untuk 7 Game Permainan yang disediakan oleh Situs ituDewa
* DominoQQ
* Poker
* Bandar Ceme
* Capsa Susun
* Super 10
* Ceme Keliling
* Omaha Poker
=> Bonus Gebyar Hadiah Bulanan ituDewa
=> Bonus Cashback 0.3% (dibagikan setiap hari kamis)
=> Bonus Refferal 20% (dibagikan setiap Minggunya seumur hidup)
=> Bonus FreeChip Upline Referral 100K(Setiap Ajak Teman Bermain)
=> Customer Service 24 Jam Nonstop
=> Support 7 Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon, Cimb Niaga, Permata Bank)
=> Menerima Deposit VIA PULSA (Pulsa Telkomsel dan Pulsa XL)
=> Menerima Deposit VIA E-Money (OVO dan GOPAY)
* Pusat Bantuan ituDewa
LINE : ituDewa
WECHAT : OfficialituDewa
WHATSAPP : +85561809401
Kunjungi Juga Bimbingan Kemenangan Main Judi Online :
* INFORMASI JITU TENTANG AGEN JUDI ONLINE TERPECAYA
* Portal Berita Update dan Terpercaya