TUGAS UAS EKONOMI MANAJERIAL ARTIKEL ILMIAH PENERAPAN STUDI KASUS MANAJERIAL PERUSAHAAN JNE SEBAGAI MEDIA JASA PENGIRIMAN BARANG DI INDONESIA



Nama          : Aurora Dyah Sekar Ayu P
NIM            : 201802P004
Kelas/Smt   : Manajemen B2 / V

LATAR BELAKANG
1.    PENGERTIAN DAN KONSEP EKONOMI MANAJERIAL
Menurut Ket (2000) “Ilmu manajemen dapat diartikan sebagai ilmu dan seni tentang bagaimana mengorganisasikan dan mengalokasikan sumber daya perusahaan yang terbatas untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan demikian ekonomi manajerial adalah aplikasi dari analisis ekonomi dalam membuat keputusan bisnis agar sumber daya perusahaan yang terbatas dialokasikan pada penggunaannya yang paling baik”
Secara konsep ekonomi manajerial adalah pengelolaan ekonomi, atau usaha secara sistematika dalam kebutuhan dan keinginan (konsumen), baik individu, organisasi, maupun masyarakat. Dengan demikian, ekonomi manajerial dapat di definisikan sebagai berikut :
Ekonomi manajerial adalah aplikasi teori ekonomi dan praktik-praktik bisnis, berupa penggunaan teori-teori ekonomi dan teknik manajemen dalam analisis dan pemecahan masalah optimasi. Atau ekonomi manajerial adalah sinergi dan aplikasi teori ekonomi, manajemen, dan riset operasi.
Sehubungan dengan hal diatas, maka konsep ekonomi manajerial ini dapat di gunakan untuk menyelesaikan masalah manajemen yang di hadapi organisasi bisnis maupun nonbisnis.

Peran dan Tujuan Ekonomi Manajerial

1. Mengatur Keuangan

Dengan ekonomi manajerial dapat digunakan untuk mengatur sistem keuangan yang baik.

Ekonomi manajerial penting untuk mengidentifikasi biaya mana yang penting dan biaya mana yang tidak perlu. Ini bertujuan untuk menghindari defisit perusahaan.

2. Sebagai Alat Evaluasi

Ekonomi manajerial dapat digunakan sebagai alat evaluasi jika ada perubahan manajer baru. Jadi manajer baru dapat mempelajari apa yang kurang dan apa yang dapat dilanjutkan dari strategi ekonomi manajerial yang dilakukan oleh manajer lama. Tentu saja era baru akan menghadirkan pasar baru yang lebih kompetitif di dunia bisnis. Jadi perlu ada evaluasi kebijakan lama.

3. Membantu Manajer Menyelesaikan Masalah

Ekonomi manajerial sangat membantu sebagai analis dalam membuat keputusan yang dibuat oleh manajer. Seperti yang kita ketahui, kemajuan ekonomi membuat kemajuan dalam kondisi pasar yang berubah sehingga reformasi kebijakan diperlukan sebagai upaya untuk mengembangkan perusahaan atau bisnis yang lebih efektif.

4. Mengetahui Lingkungan Industri, Perusahaan dan Ekonomi

Ekonomi manajerial juga berperan dalam analisis lingkungan industri, perusahaan, dan ekonomi. Analisis lingkungan ini perlu dilakukan untuk menentukan kondisi konsumen, pemasok dan pesaing. Selain itu, perusahaan juga perlu menganalisis lingkungan tempat produk mereka akan dikeluarkan. Analisis lingkungan ini sangat diperlukan untuk tahap pengambilan keputusan, dan dari sini perusahaan akan menghasilkan keputusan tentang cara mendapatkan keuntungan yang diinginkan.
PERUSAHAAN JNE
VISI MISI SERTA TARGET PERUSAHAAN JNE
Visi :
Menjadi Perusahaan Logistik Utama Kelas Dunia
Misi :
Memberi Pengalaman Terbaik kepada Pelanggan Secara Konsisten
Artinya : Kita semua baik agen maupun manajemen JNE berusaha untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten di setiap tahap. Paling tidak ada 4 tahap pengalaman yang harus dibangun dengan pelanggan :
1.    Tahap ketika pelanggan mulai bertanya melalui telpon, SMS, email atau datang langsung ke counter
2.    Tahap ketika pelanggan mulai akan bertransaksi, mencari counter yang cocok dan melakukan transaksi produk JNE di counter
3.    Tahap ketika proses operasional kiriman dilaksanakan
4.    Tahap ketika pelanggan membutuhkan layanan purna jual seperti status kiriman, komplain dll
Analisis perusahaan JNE berkaitan degan Manajerial
Tujuan khusus Perusahaan JNE :
Mengharuskan karyawan bekerja secara Efektif dan Efisien dalam hal pencatatan setiap transaksi barang, logistic,  ketepatan pengiriman harus sesuai lokasi tujuan  serta waktu yang telah di targetkan.
Menempatkan Karyawan sesuai dengan keahlianya serta mengajarkan karyawan agar selalu ramah terhadap pelanggan karna inti dari strategi pemasaran adalah kesan baik yang diperoleh pelaggan.
Sarana prasarana untuk mengirim barang-barang harus ready secara baik agar mampu menerima semua permintaan dari pelanggan.
Setiap tahunya perusahaan JNE memperluas jaringanya, agen-agen distributor pengiriman barang diperbanyak hingga ke plosok-plosok desa.

Tujuan umum Perusahaan JNE :
Memajukan perusahaan dengan cara memperoleh Laba secara optimal.
Karna laba sebagai sumber pembiayaan, seperti:
-
peningkatan kualitas SDM
-perluasan produk
-perluasan pasar
-pembiayaan lainnya
laba sebagai ukuran pembayaran pajak
laba sebagai ukuran untuk membagi hasil usaha (deviden)
laba merupakan cerminan kesehatan operasional perusahaan.
laba sebagai sumber pembiayaan kesejahteraan.
laba sebagai sumber pembiayaan kepedulian perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungannya

Pembahasan perusahaan JNE meliputi  Marketing Management, Identifikasi , Penerapan serta Pemeliharaanya

Marketing Management : Perusahaan JNE bertekad untuk menjadi perusahaan jasa pengiriman barang nomer satu di dunia maka perusahaan JNE sangat mengedepankan kepentingan serta kepuasan pelanggan yang menggunakan jasa JNE, karna semangat kepentingan dan kepuasan pelanggan nomer satulah perusahaan JNE akan terus berkembang serta di terima masyarakat. 
Identifikasi :
1)      Daya Beli : Perusahaan JNE sangat memikirkan kemampuan konsumen sehingga dalam hal biaya pengirim barang tidak mematok tariff/harga yang tinggi semua di sesuaikan dengan jarak tempuh barang itu sendiri, agar pelanggan dapat kembali menggunakan Jasa JNE karna anggapan  bahwa biaya yang dikeluarkan relative murah.
2)      Demand : Mengandung arti keseluruhan barang/jasa yang ingin dibeli oleh konsumen pada berbagai macam tingkat harga, Dalam hal ini perusahaan JNE mengambil kebijakan untuk memprluas agen-agen JNE sehigga pelanggan tidak kesulitan untuk mengirimkan barang-barang mereka serta diharapkan dengan memperbanyak agen-agen JNE dapat mengurangi biaya yang di keluarkan para pelanggan.
3)      Design/desain : Perusahaan JNE sangat mengedepankan kepuasan pelanggan dan ketepan pengiriman barang terkirim tepat waktu serta dalam kondisi yang baik, tidak mengalami kerusakan, oleh karna itu perusahaan JNE menawarkan Asuransi barang yang dikirim, apabila barang tersebut rusak saat pengiriman maka perusahaan JNE akan mengganti biaya kerusakan barang tersebut hingga pelanggan merasa puas akan kinerja agen-agen JNE.
Penerapan :

1)      Delivery : Pengiriman barang-barang yang dilakuakan perusahaan JNE semua dilakukan dengan kehatihatian serta ketepatan proses pengiriman.
2)      Mixing : Proses pencampuran, dalam hal ini perusahaan JNE memadukan antara kepuasan pelanggan dengan tujuan yang ingin dicapai Perusahaan karna jika pelanggan puas dengan kinerja perusahaan maka otomatis tujuan perusahaan akan tercapai dengan cepat.
3)      Appeal : Perusahaan JNE terus mempromosikan keunggulan-keunggulanya baik melalui media massa maupun periklanan agar perusahaan JNE lebih dikenal luas oleh masyarakat.
Pemeliharaan :
1)      Komunikasi : Perusahaan JNE terus menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan dan akan sangat mengharapkan kritikan-kritikan atau masukan dari masyarakat, karna itu semua demi pembenahan untuk menjadi lebih baik.
2)      Brand : Dalam pembuatan merek/logo Perusahaan JNE telah menciptakan logo yang menarik sehingga mudah di ingat oleh masyarakat.
3)      Value :  Alasan mengapa pelanggan memilih kita dibandingkan yang lain karna Hanya di Perusahaan JNE’lah yang menawarkan proses pengiriman cepat, biaya murah serta asuransi terhadap barang yang dikirim, karna bagi kami kepuasan pelanggan nomer satu. Semua elemen diatas saling berkaitan dan mendukung satu sama lain karna intinya adalah sama-sama demi kemajuan Perusahaan.

Komentar

  1. ituDewa.com Poker Domino QQ | Ceme Judi Domino QQ | Agen Domino QQ | Domino QQ Online | Agen Poker | Judi Poker | Poker Online | Agen OMAHA | Agen SuperTen

    Agen Judi Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia
    Menyediakan berbagai macam permainan Judi Kartu Online Terlengkap

    1 ID untuk 7 Game Permainan yang disediakan oleh Situs ituDewa

    * DominoQQ
    * Poker
    * Bandar Ceme
    * Capsa Susun
    * Super 10
    * Ceme Keliling
    * Omaha Poker

    => Bonus Gebyar Hadiah Bulanan ituDewa
    => Bonus Cashback 0.3% (dibagikan setiap hari kamis)
    => Bonus Refferal 20% (dibagikan setiap Minggunya seumur hidup)
    => Bonus FreeChip Upline Referral 100K(Setiap Ajak Teman Bermain)
    => Customer Service 24 Jam Nonstop
    => Support 7 Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon, Cimb Niaga, Permata Bank)
    => Menerima Deposit VIA PULSA (Pulsa Telkomsel dan Pulsa XL)
    => Menerima Deposit VIA E-Money (OVO dan GOPAY)

    * Pusat Bantuan ituDewa

    LINE : ituDewa
    WECHAT : OfficialituDewa
    WHATSAPP : +85561809401

    Kunjungi Juga Bimbingan Kemenangan Main Judi Online :
    * INFORMASI JITU TENTANG AGEN JUDI ONLINE TERPECAYA
    * Portal Berita Update dan Terpercaya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

EKONOMI MANAJERIAL BAB 5

EKONOMI MANAJERIAL BAB 1

EKONOMI MANAJERIAL BAB 3